Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak
Setelah melalui tahapan kedua
dari isi modul 1, banyak hal yang menjadi terang. Mengenai apa dan bagaimana
Guru Penggerak itu. Dari sisi kompetensi, guru penggerak adalah sosok pemimpin.
Orang yang mampu memimpin dirinya dan orang lain disekitarnya untuk berkembang,
memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah dan memimpin pengembangan
sekolah. Dari empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak
tersebut, dapat dipahami bahwa Guru Penggerak adalah Pemimpin.
Dengan kompetensinya sebagai
pemimpin itu, guru penggerak mampu bertindak dan berbuat sesuai dengan peran
yang diharapkan. Peran-peran tersebut adalah:
1. Menjadi pemimpin pembelajaran;
Ketika menjadi
pemimpin pembelajaran, seorang guru penggerak diharapkan mampu mendesain
sedemikian rupa ekosistem pendidikan di sekolahnya mulai dari lingkungan hingga
kurikulum, proses pembelajaran, penilaian dll. menjadi sesuatu yang dapat
menciptakan kenyamanan murid dalam belajar. Sehingga murid dapat tumbuh dan
berkembang sesuai dengan kodratnya masing-masing.
2. Menjadi penggerak komunitas praktisi
Sebagai guru
penggerak harus bisa menggerakkan atau menginisiasi atau terlibat secara aktif
dalam menggerakkan komunitas praktisi baik di sekolahnya maupun di didaerahnya.
Sehingga selain bermanfaat bagi guru lain utuk saling berbagi ilmu antar sesama
anggota komunitas, juga bagi guru penggerak itu sendiri.
3. Menjadi coach bagi guru lain
Selain
mengembangkan dirinya, guru penggerak juga harus berperan untuk mengembangkan
teman sejawat atau guru lain dengan bertindak sebagai coach atau mentor. Sebagai
mentor guru penggerak merefleksikan kemampuannya kepada teman sejawat agar
dapat lebih berkembang.
4. Mendorong kolaborasi antar guru
Guru penggerak
juga berperan sebagai pendorong kolaborasi antar stake holder atau pemangku
kepentingan baik di dalam sekolah maupun diluar sekolah. Dengan tujuan dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran.
5. Mewujudkan kepemimpinan murid
Mendorong
peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid di sekolah. Peran seorang Guru
Penggerak berarti membantu para murid ini untuk mandiri dalam belajar, mampu
memunculkan motivasi murid untuk belajar, juga mendidik karakter murid di
sekolah.
Setelah memiliki kompetensi sebagai guru penggerak
sebagaimana disebutkan diatas agar dapat secara konsisten menjalankan perannya
dengan baik, maka dalam diri seorang guru penggerak perlu memiliki nilai-nilai
diri, yaitu: mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid.
Sebagai Calon Guru Penggerak, setelah mempelajari modul
1.2. ini, semakin memahami kekurangan diri akan kompetensi yang dimiliki serta
peran yang telah di jalankan selama ini. Namun dalam kondisi ini saya mencoba
menerapkan dan menambah sedikit demi kompetensi dan peran Guru Penggerak di
lingkungan sekolah saya, seraya menggali dan mendalami penguasaan nilai-nilai
yang harus dimiliki seorang guru penggerak.
Dalam satu kesempatan saya memulai untuk menginisiasi
komunitas praktisi. Dalam hal ini adalah guru kelas dan guru mapel. Kegiatan
ini sebelumnya tidak ada, sama sekali hal baru, sehingga benar-benar sangat
membutuhkan dukungan dari semua pihak. Semoga dimudahkan, berjalan lancer dan
berkelanjutan.
Perencanaan, konsultasi dan sharing tentang penggerakan komunitas |
Mengunjungi kelas, membicarakan permasalahan dan kendala yang ada |
Luar Biasa Pak Sahriyal. Sangat menginspirasi.
BalasHapus