Senin, 31 Mei 2021

 Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak



Setelah melalui tahapan kedua dari isi modul 1, banyak hal yang menjadi terang. Mengenai apa dan bagaimana Guru Penggerak itu. Dari sisi kompetensi, guru penggerak adalah sosok pemimpin. Orang yang mampu memimpin dirinya dan orang lain disekitarnya untuk berkembang, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah dan memimpin pengembangan sekolah. Dari empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak tersebut, dapat dipahami bahwa Guru Penggerak adalah Pemimpin.

Dengan kompetensinya sebagai pemimpin itu, guru penggerak mampu bertindak dan berbuat sesuai dengan peran yang diharapkan. Peran-peran tersebut adalah:

1.     Menjadi pemimpin pembelajaran;

Ketika menjadi pemimpin pembelajaran, seorang guru penggerak diharapkan mampu mendesain sedemikian rupa ekosistem pendidikan di sekolahnya mulai dari lingkungan hingga kurikulum, proses pembelajaran, penilaian dll. menjadi sesuatu yang dapat menciptakan kenyamanan murid dalam belajar. Sehingga murid dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodratnya masing-masing.

 

2.       Menjadi penggerak komunitas praktisi

Sebagai guru penggerak harus bisa menggerakkan atau menginisiasi atau terlibat secara aktif dalam menggerakkan komunitas praktisi baik di sekolahnya maupun di didaerahnya. Sehingga selain bermanfaat bagi guru lain utuk saling berbagi ilmu antar sesama anggota komunitas, juga bagi guru penggerak itu sendiri.

 

3.       Menjadi coach bagi guru lain

Selain mengembangkan dirinya, guru penggerak juga harus berperan untuk mengembangkan teman sejawat atau guru lain dengan bertindak sebagai coach atau mentor. Sebagai mentor guru penggerak merefleksikan kemampuannya kepada teman sejawat agar dapat lebih berkembang.

4.       Mendorong kolaborasi antar guru

Guru penggerak juga berperan sebagai pendorong kolaborasi antar stake holder atau pemangku kepentingan baik di dalam sekolah maupun diluar sekolah. Dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

5.       Mewujudkan kepemimpinan murid

Mendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid di sekolah. Peran seorang Guru Penggerak berarti membantu para murid ini untuk mandiri dalam belajar, mampu memunculkan motivasi murid untuk belajar, juga mendidik karakter murid di sekolah.

 

Setelah memiliki kompetensi sebagai guru penggerak sebagaimana disebutkan diatas agar dapat secara konsisten menjalankan perannya dengan baik, maka dalam diri seorang guru penggerak perlu memiliki nilai-nilai diri, yaitu: mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid.

 

Sebagai Calon Guru Penggerak, setelah mempelajari modul 1.2. ini, semakin memahami kekurangan diri akan kompetensi yang dimiliki serta peran yang telah di jalankan selama ini. Namun dalam kondisi ini saya mencoba menerapkan dan menambah sedikit demi kompetensi dan peran Guru Penggerak di lingkungan sekolah saya, seraya menggali dan mendalami penguasaan nilai-nilai yang harus dimiliki seorang guru penggerak.

 

Dalam satu kesempatan saya memulai untuk menginisiasi komunitas praktisi. Dalam hal ini adalah guru kelas dan guru mapel. Kegiatan ini sebelumnya tidak ada, sama sekali hal baru, sehingga benar-benar sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak. Semoga dimudahkan, berjalan lancer dan berkelanjutan.


Perencanaan, konsultasi dan sharing tentang penggerakan komunitas



Mengunjungi kelas, membicarakan permasalahan dan kendala yang ada

1 komentar: